PERSIAPAN PENULISAN TUGAS AKHIR, MAHASISWA MAGISTER SOSIOLOGI MERENCANAKAN TIMELINE PENULISAN TESIS

PERSIAPAN PENULISAN TUGAS AKHIR, MAHASISWA MAGISTER SOSIOLOGI MERENCANAKAN TIMELINE PENULISAN TESIS

(20/04/2024) Jurusan Sosiologi mengadakan rapat dengan mahasiswa Magister Sosiologi angkatan 2023 untuk membahas Timeline penyusunan proposal tesis.

Rapat dihadiri oleh Dr. Sulyana Dadan, S.Sos., M.A. (Ketua Jurusan Sosiologi), Dr. Elis Puspitasari, M.Si. (Koordinator Program Studi Magister Sosiologi), Dr. Arizal Mutahir, S.Sos., M.A. (Pembina HMMS), dan mahasiswa Magister Sosiologi angkatan 2023. Rapat ini dilaksanakan dalam rangka silaturahmi dan membahas Timeline penyusunan tesis, Timeline ini diharapkan membantu mahasiswa dan dosen untuk melakukan percepatan tugas akhir. Timeline ini mencakup progres atau tahap penyusunan proposal tesis, mulai dari menentukan judul, latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat, tinjauan pustaka, serta metode penelitian.

Mahasiswa Magister Sosiologi angkatan 2023 sebagian besar sudah menyelesaikan proposal tesis, sedangkan sebagian kecilnya sedang dalam proses menyelesaikan proposal tesis. Hal ini di luar ekspektasi Dr. Elis Puspitasari, M.Si. selaku Koordinator Program Studi Magister Sosiologi, sebab sebagian besar mahasiswa sudah menyelesaikan proposal tesisnya, bahkan ada yang sudah mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing.

Timeline ini kemudian disepakati bersama, bahwa dalam 6 pekan akan dilaksanakan 6 kali pertemuan, dengan rincian sebagai berikut:

Pekan 1 dan 2: Membahas dan menyelesaikan latar belakang, rumusan masalah, serta tujuan dan manfaat;

Pekan 3 dan 4: Membahas dan menyelesaikan tinjauan pustaka; dan

Pekan 5 dan 6: Membahas dan menyelesaikan metode penelitian.

Timeline ini mulai efektif dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2024. Timeline yang sudah disepakati bersama kemudian akan disosialisasikan kepada dosen dalam agenda rapat terpisah. Timeline ini menjadi strategi Jurusan Sosiologi dalam menjaga dan meningkatkan lama masa studi mahasiswa, diharapkan Timeline ini dapat berjalan efektif dan efisien agar mahasiswa lebih mudah menyelesaikan tugas akhirnya.

Posted in Berita.