Tim dosen UMM Studi Banding ke Jurusan Sosiologi Unsoed

Purwokerto –  Senin, 26 November 2018 Jurusan Sosiologi kedatangan tamu istimewa dari UMM (Universitas Muhammadiyah Malang). Tim dosen UMM datang ke Unsoed dalam rangkaian kegiatan benchmarking atau studi banding Jurusan Sosiologi UMM dengan Jurusan Sosiologi Unsoed,

Dalam kesempatan itu, kedua belah pihak saling bertukar pengalaman mengenai pengelolaan jurusan sosiologi. Hadir dalam pertemuan tersebut tim dari Unsoed: Jarot Santoso (Dekan FISIP Unsoed), Joko Santoso (Wakil Dekan 1 FISIP), Ahmad Sabiq (Wakil Dekan III FISIP), Tyas Retno Wulan (Ketua Jurusan Sosiologi), Hariyadi (Sekretaris Jurusan Sosiologi), Nanang Martono (Kaprodi S1 Sosiologi), Ign Suksmadi (Kaprodi S2 Sosiologi) serta dosen Jurusan Sosiologi. Sementara tim UMM diwakili Rachmad K. Dwi Susilo (Ketua Jurusan Sosiologi), Luluk Dwi Kumalasari (Sekretaris Program Magister Sosiologi), Vina Salviana (Ketua DP2M UMM) Muhammad Hayat (Kaprodi S1 Sosiologi).

Dalam studi banding ini ada beberapa hal yang ingin dipelajari jurusan sosiologi UMM dari Unsoed, di antaranya mengenai manajemen SDM, pengelolaan proses pembelajaran, pengembangan kurikulum, serta strategi peningkatan kualitas proposal PKM. Dekan FISIP menyampaikan bahwa Unsoed sebagai perguruan tinggi negeri memang tidak mudah mengelola SDM yang tentu saja tidak fleksibel seperti UMM sebagai kampus swasta. Kendala yang dihadapi adalah mengenai strategi meningkatkan kinerja serta kedisplinan karyawan. Sementara Nanang Martono selaku Kaprodi S1 menyampaikan strategi untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Menurutnya, hampir 100% tim pengampu mata kuliah di Prodi Sosiologi sudah membuat RPS atau Rencana Pembelajaran Semester. Dokumen ini wajib diserahkan ke jurusan dan setiap tim wajib mempresentasikan RPS-nya.

Sementara UMM menyampaikan kendala dalam pengelolaan prodi yaitu sulitnya mempromosikan program studi sosiologi, ini menjadi problem serius karena bagi sebagian besar siswa SMA, sosiologi masih dipandang sebelah mata daripada disiplin ilmu lannya yang dianggap lebih menjanjikan.

Ke depannya, kedua pihak berencana meningkatkan kerja sama dalam penerbitan jurnal ilmiah yang dikelola program studi. harapannya adalah hubungan baik antara UMM dan Unsoed dapat terjalin lebih erat.

Posted in Uncategorized.